HOBI ADALAH KUNCI

Setiap orang pasti memiliki kegemaran dan hobinya masing-masing, mulai dari yang dipandang biasa-biasa saja hingga hobi yang luar biasa, atau malah yang dipandang sebelah mata oleh sebagian orang.



Mengapa saya memilih judul "HOBI ADALAH KUNCI" dan maksudnya kunci itu apa? Mungkin sebagian dari pembaca akan berpikiran demikian, tapi saya yakin pembaca di sini sudah paham sebelum saya menjelaskannya di uraian berikut. Tahukah saudara/i tentang apa yang banyak dicari oleh orang di dunia ini? Jika saudara/i menjawab harta dan tahta maka jawaban itu belum sepenuhnya benar, jika saudara/i menjawab pahala, itu benar karena termasuk dalam persyaratan untuk masuk ke surga-Nya.

Menurut pemikiran saya sesungguhnya yang dicari oleh semua orang di dunia ini adalah kebahagiaan dengan artian yang luas. Contohnya, mengapa orang sangat antusias dalam berlomba mencari uang? Jika bukan untuk memenuhi rasa kebahagiaannya dengan membeli dan memiliki barang-barang tertentu yang mereka dambakan. Hal ini menunjukan bahwa rasa bahagia dapat memacu seseorang untuk rela berkorban siang dan malam untuk mendapatkannya, lalu apa hubungannya dengan hobi?

Hobi diartikan sebagai segala sesuatu yang menciptakan perasaan senang dan bahagia di waktu senggang seseorang. Bagaimana menurut saudara/i jika hobi mu dapat menghasilkan uang, bukankah itu sangat membahagiakan? Oleh karena itu di era modern ini segala bentuk kegiatan kita dapat menghasilkan uang, hanya saja sebagian orang tidak sadar akan hal itu. Kita perlu sesekali berpikir tentang bagaimana mendapatkan tambahan penghasilan melalui hobi kita tersebut. Saudara/i pernahkan kalian membuat list dari hobi kalian, lalu dari berbagai macam hobi tersebut saudara/i membuat sebuah rencana untuk mengubahnya sebagai sumber tambahan penghasilan.

"Bagaimana caranya agar hobi tersebut dapat menghasilkan?"

Pertanyaan di atas pasti akan muncul ketika kita dalam kondisi terdesak ekonomi atau sedang ingin berinovasi atas apa yang sudah kita miliki. Ada banyak cara untuk mengkonvert hobi menjadi tambahan penghasilan di antaranya dengan memanfaatkan platform YouTube atau website. Walaupun hobi saudara/i bukan menulis atau bermain kamera, saudara/i tidak salah juga untuk mencoba hal baru seperti ini. Harapannya saudara/i dapat bercerita mengenai hobi yang sudah dijalani selama ini, tentunya itu akan menjadi sebuah pengetahuan baru untuk mereka yang hobinya sama dengan saudara/i. Untuk ambang batas tertentu saudara/i dapat memberi iklan (ads) pada hasil karya ciptaan saudara/i tersebut. Iklan inilah yang nantinya akan menghasilkan hehehe... (syarat dan ketentuan berlaku).

Jika saudara/i enggan menggunakan cara online, saudara/i dapat melakukannya secara ofline, hanya saja saudara harus memiliki suatu komunitas yang hobinya sama dengan saudara/i. Di dalam komunitas tersebut, saudara sebisa mungkin untuk mudah bergaul sama lain, ada pepatah "Sambil menyelam minum air."  Setelah relasi saudara/i banyak coba lihat adakah peluang bisnis disitu, contoh seperti menawarkan piranti pancing, atau alat penunjang hobi yang lain.

Dengan demikian kebahagiaan kita dapatkan secara pluss, berupa hobi dan penghasilan. Oh... iya seandainya hobi kalian hanya menghabiskan uang saja, pergunakanlah hobi menghabiskan uang tersebut di jalan yang benar lalu niatkanlah sedekah untuk membantu orang lain, niscaya uang saudara/i malah bertambah berkali-lipat.


Sekian secuil pengalaman saya, jika saudara/i memiliki pengalaman yang membangun bolehlah tuliskan di kolom komentar dan jangan lupa berilah saran dan kritikan untuk saya agar saya menjadi seorang yang lebih baik, terima kasih.

Comments